Selasa, 06 Januari 2009

Indahnya Kebersamaan Keluarga

Keluarga yang indah dan harmonis adalah dambaan seluruh orang dan juga dihormati semua orang. Begitu juga dengan aku. Aku lahir dan dibesarkan di keluarga yang harmonis. Selama aku tinggal bersama keluargaku, kedua orang tuaku selalu menanamkan nilai-nilai luhur, budi pekerti, dan kebersamaan dalam keluarga Indahnya kebersamaan selalu kurasakan sampai saat ini.

Sewaktu aku kecil, orang tuaku mengajarkan tentang pentingnya hidup selalu bersama dalam satu ikatan bernama keluarga. Sampai sekarang aku merasakan betapa pentingnya nilai kebersamaan yang diajarkan oleh kedua orang tuaku. Aku dapat mengimplementasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupanku sampai aku kuliah dan tinggal jauh dari orang tua.

Nilai-nilai kebersamaan keluarga sangat penting terutama ketika dihadapkan pada persoalan-persoalan yang terjadi pada masyarakat dewasa ini. Banyak keluarga yang menjadi kurang harmonis karena kurangnya nilai kebersamaan dalam keluarga. Mereka kesulitan untuk menjaga keutuhan dan keharmonisan keluarga karena kurangnya interaksi antar anggota keluarga. Masing-masing orang dalam keluarga tersebut terlalu sibuk dengan urusan dirinya masing-masing dan sering mengesampingkan interaksi dengan anggota keluarganya sendiri. Masing-masing orang dalam keluarga tersebut tidak sadar bahwa cepat atau lambat keutuhan dan keharmonisan keluarga dapat terganggu bahkan keluarga tersebut dapat terpecah belah dan hancur berantakan.

Untuk mencegah terjadinya konflik tersebut, seharusnya para orang tua sering memberikan pendidikan tentang indahnya kebersamaan keluarga kepada anak-anaknya sedari ini. Hal ini perlu dilakukan sedari dini karena jika anak semakin bertambah umur, semakin rumit dan kompleks pula pendidikan yang perlu diberikan kepada anak-anaknya karena anak-anaknya mungkin saja mendapat pendidikan dan meneladan tingkah laku yang negatif dari orang lain karena kurangnya informasi dan perhatian dari orang tuanya.

Kebersamaan dalam keluarga sangatlah penting supaya ikatan antar anggota keluarga dapat terjalin erat sampai maut memisahkan masing-masing. Keluarga yang selalu bersama dan harmonis juga menjadi teladan bagi keluarga-keluarga di sekitarnya. Keluarga inilah yang menjadi keluarga ideal yang sangat diperlukan pada saat ini karena semakin meningkatnya angka keluarga yang tidak harmonis di dalam masyarakat dewasa ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar